Selasa, 14 April 2020

MANFAAT PENGGUNAAN PLASTIK HDPE SEBAGAI ALAS KOLAM

Kolam plastik merupakan kolam yang dilapisi dengan plastik berbentuk mulsa atau HDPE. Plastik mulsa atau HDPE berguna untuk mengeliminasi dampak dari dasar kolam yang memiliki bahan organik tinggi, sehingga kualitas air tidak dipengaruhi oleh dasar kolam. Selain itu juga untuk mencegah terjadinya perembesan khususnya pada kolam dengan tanah porous. 

Penumpukan bahan organik di dasar kolam menyebabkan kondisi anaerob. Kondisi ini menghasilkan produk yang bersifat toksik terhadap organisme yang ada dalam air termasuk ikan. 

Plankton pada kolam yang dilapisi dengan plastik lebih padat dibanding dengan plankton pada kolam yang tidak dilapisi plastik. Kecerahan yang rendah pada kolam yang tidak dilapisi dengan plastik akibat lumpur yangmenyebabkan air berwarna coklat.

Kelebihan memakai plastik pada kolam adalah tidak perlu pengolahan tanah dasar, tidak perlu pengapuran dasar, frekuensi penebaran dapat ditingkatkan, masa pemeliharaan dapat diatur, pergantian /penambahan air dapat dikurangi, bocoran kolam bukan lagi masalah utama, dan penurunan pH air akibat kemasaman tanah bukan lagi hambatan. Sedangkan kekurangannya adalah perlu modal awal yang lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar