Minggu, 07 Januari 2018

UNSUR MATERI PENYULUHAN PERIKANAN



Unsur materi penyuluhan perikanan, meliputi:
  1. Pengembangan Sumberdaya Manusia;
Materi tentang pengembangan sumber daya manusia meliputi peningkatan semangat, wawasan, kecerdasan, keterampilan serta ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan dan membentuk kepribadian yang mandiri.
  1. Peningkatan modal sosial budaya;
Materi tentang peningkatan modal sosial budaya, untuk mengembangkan kondisi sosial dan kesadaran kultural dengan memperhatikan adat dan budaya setempat sehingga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan perikanan melalui pembentukan kelompok, gabungan kelompok/ asosiasi, manajemen, kepemimpinan, akses modal dan akses informasi.
  1. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
Materi tentang ilmu pengetahun dan teknologi berkaitan dengan upaya peningkatan produktivitas, efisiensi dan efektivitas usaha bidang perikanan dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan kearifan lokal.
  1. Informasi;
Materi tentang informasi meliputi pengetahuan yang didapatkan dari proses pembelajaran, pengalaman atau instruksi, kebijakan, inovasi, teknologi, akses modal, akses pasar, dan informasi lain yang dapat meningkatkan kapasitas pelaku utama pelaku usaha dan kelompok sasaran antara.

  1. Ekonomi;
Materi tentang ekonomi berkaitan dengan pemanfaatan sumberdaya perikanan yang  meliputi antara lain modal, sarana produksi, akses potensi sumber daya, peluang usaha, ekonomi kreatif, akses pasar, serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  1. Manajemen;
Materi tentang manajemen antara lain untuk meningkatkan kemampuan mengelola usaha menuju kemandirian masyarakat.
  1. Hukum;
Materi tentang hukum antara lain memberikan informasi tentang peraturan perundang-undangan sehingga masyarakat menyadari hak dan kewajibannya khususnya yang berkaitan dengan bidang perikanan.
  1. Pelestarian lingkungan.
Materi tentang pelestarian lingkungan berkaitan dengan pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya kelestarian sumber daya perikanan sebagai sistem penyangga kehidupan bagi kesejahteraan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar